Rabu, 04 Januari 2012

Membuat Linux Portable di Flashdisk

Beberapa hari yang lalu saya sempat ngobrol-ngobrol dengan teman satu profesi bidang IT juga. Kalau di tempat dia kerja hanya 1 komputer yang pakai windows berlisensi yang lainnya menggunakan Linux sebagai system operasi utama.

Wah pakai Linux, enak juga kalau pegawai di suatu perusahaan bisa menggunakan linux karena system operasi komputer yang satu ini memang gratis, tidak harus membeli lisensi yang harganya WOW! mahal sekali.

Iseng-iseng surfing di internet cara instalasi linux, ternyata lebih mudah dari cara terakhir kali saya berhubungan dengan sistem operasi ini tahun 2005 silam, dah lama banget ga pegang linux. Saat ini linux bisa dijalankan hanya dari flash disk saja, atau bisa juga disandingkan dengan sistem operasi lain seperti Windows.

Tanpa basa-basi langsung download saja linux Ubuntu 11.10 (595 MB)dari situs resminya, dan installer untuk booting dari flashdisk. Karena saya pakai komputer kantor  jadi ga bisa langsung install begitu saja.

Setelah setting pengaturan bios, untuk bisa booting lewat FD, saya menggunakan Kingston 8 GB sebagai tempat linux.. Tadaa...! jadi lah linux portable pertama saya di Flashdisk.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...